Agar Pertengkaran dengan Pasangan Tidak Memburuk, Inilah 5 Tipsnya

Bagikan artikel ini...

Sahabat Ummi, jangan sekali-kali memposting pertengkaran kita dengan pasangan di sosial media apalagi sampai dibuatkan videonya, kecuali jika kita ingin pertengkaran tersebut berlangsung selamanya atau makin buruk hari ke harinya. Itu hanyalah salah satunya, berikut ini 5 tips lainnya agar pertengkaran dengan pasangan cepat reda dan bukannya memburuk:

1. Ambil waktu menyendiri

Ada kalanya menyendiri beberapa saat bisa membuat pikiran kita lebih jernih daripada terus-menerus beradu mulut alias cekcok dengan pasangan. Lebih baik lagi jika kita menyendiri dengan cara memperlama sujud dalam shalat malam dan menumpahkan segala kesedihan dan curhatan pada sang pemilik hati, Allah subhanahu wa ta’ala.

2. Jangan menyindir atau mengungkit masa lalu

Yang lalu biarlah berlalu, jika kita fokus pada solusi dan ingin mengadakan perdamaian dengan pasangan, belajarlah untuk tidak menyindir atau mengungkit kesalahannya di masa lalu.

Agar Pertengkaran dengan Pasangan Tidak Memburuk, Inilah 5 Tipsnya

3. Dengarkan alasan pasangan

Belajar mendengarkan adalah satu kunci untuk meredakan pertengkaran, ketika kita bisa menahan diri dan mau mendengarkan alasan-alasan melalui sudut pandang pasangan, sangat mungkin kita bisa melihat duduk persoalan dengan lebih jernih.

4. Harus ada yang mengalah dengan cara diam

Jika pasangan kita terus meluapkan emosinya, maka kitalah yang musti mengerem dan belajar menutup mulut. Karena di sinilah seni pertengkaran dalam rumah tangga, kemampuan untuk bisa bergantian mengalahkan ego, prinsip ‘yang waras ngalah’ harus selalu diingat.

5. Jangan tergesa memikirkan perpisahan

Bisikan-bisikan untuk berpisah atau bercerai sudha pasti wara-wiri di benak kita, akan tetapi segeralah beristighfar dan pikir ribuan kali jika ingin mengucap kata pisah.  Ingatlah bahwa syetan berusaha melakukan apapun juga agar terjadi perpisahan dan perceraian antara suami dan istri, jangan bahagiakan syetan karena terus menerus bertengkar dengan pasangan kita.

Semoga tips singkat di atas membawa manfaat.

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *