Corona Virus, Sejarah dan Ikhtiar Kita Untuk Mencegahnya

Bagikan artikel ini...

Sahabat ummi, saat ini Indonesia sedang Allah uji dengan virus corona, tentunya sebagai muslim kita harus ridho dan berpositif thinking perihal ini. Virus corona atau yang biasa disebut dengan Covid19 secara sejarah sudah diidentifikasi sejak tahun 1960, dimana virus ini memiliki mahkota yang ditandai dengan spike protein atau protein di sekeliling virus. Dan protein inilah yang berperan sebagai reseptor serta mempengaruhi infeksi pada manusia. Namun yang berkembang dewasa ini, virus corona telah beradaptasi lebih ganas dan menjadi jenis virus corona baru yang menurut informasi berasal dari Wuhan, China.

Kita sebagai muslim, harus memiliki jiwa yang besar dalam menghadapi ujian ini. Tentu tidak lain, agar ujian ini semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT dengan rasa sabar dan juga rasa syukur. Allah bersama orang-orang yang sabar, itulah kutipan dari surat Al-Baqarah ayat ke 153. Maka kalimat setelah sabar adalah sholat. Oleh karena itu, bagi para muslimin dan muslimat di seluruh dunia, jalanilah musibah, ujian dengan sabar dan sholat, insyaaAllah, Allah akan selalu membersamai kita.

virus corona

Kami kutip dari Merdeka.com bahwa per tanggal 20 Maret 2020 terdapat 369 kasus pasien yang positif terkena virus corona. Tentu angka ini ada kemungkinan bertambah seiring dengan berkembangnya informasi dari satu wilayah ke wilayah lain. Lalu, bagaimana sikap kita dalam menghadapi ujian ini? Tentunya kita perlu waspada namun, jangan sampai bersikap berlebihan dalam kepanikan ya sahabat. Yang utama, kita berdoa dan bertawakal kepada Allah dalam menghadapi pandemik virus corona ini.

Adapun langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah tertularnya virus corona ini adalah :

  1. Jika tidak ada keperluan yang mendesak tidak usah keluar rumah dan berkerumun dengan banyak orang.
  2. Jaga jarak dengan orang di keramaian umum
  3. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
  4. Berjemur di bawah sinar matahari
  5. Berolahraga secara teratur
  6. Tidur yang cukup
  7. Berdoa dan memohon kepada ALlah agar dihindarkan dari virus corona

Nah, urutan dari langkah diatas kita balik dari nomer terakhir ya sahabat, utamakan ALlah dalam setiap kehidupan kita, corona ini adalah makhluk Allah, dia tidak akan memberikan mudhorot, kecuali ALlah sudah mengizinkan. Bismillah, bersama kita berdoa, bertaubat memohon ampun kepadaNya, semoga Allah ridho mengangkat virus covid 19 dari Indonesia dan dunia, aamiin.

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *