Doa Menghilangkan Kesedihan, Kegalauan dan Kemalasan

Bagikan artikel ini...

Sobat Nida, siapapun pasti pernah merasakan gundah gulana. Sedih yang nggak jelas asal muasalnya, kegalauan tingkat tinggi, serta kemalasan yang tidak ada obatnya.

Weit… Tunggu! Siapa bilang tidak ada obatnya? Cob deh baca doa berikut ini:

“Dari Anas bin Malik: Aku melayani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam saat beliau singgah dan aku selalu mendengar beliau banyak berdo’a: “Allahumma Inni A’uudzu Bika Minal ‘Ajzi Wal Kasali Wal Bukhli Wal Jubni Wa Dhal’i ad-Daini Wa Ghalabatir Rijaal” (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari (sifat) gelisah, sedih, lemah, malas, kikir, pengecut, terlilit hutang dan dari kekuasaan “ (HR Bukhari)

Ada lagi doa lainnya Sob, yang bisa kita panjatkan di kala merasa sedih, galau, gundah, gelisah, merana, dkk.

Dalam Musnad Ahmad dan Shahih Ibni Hibban serta lainnya, ‘Abdullah bun Mas’ud meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, “Tidaklah seorang hamba mengucapkan doa berikut (ini) tatkala ia didera keresahan atau kesedihan melainkan Allah pasti akan menghilangkan keresahannya dan akan menggantikan kesedihannya dengan kegembiraan.

Para Sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sudah seharusnya kami mempelajari doa tersebut. Rasulullah menjawab, “Benar. Sudah seharusnya orang yang mendengarnya mau mempelajarinya”

Doa Menghilangkan Kesedihan, Kegalauan dan Kemalasan

Doa yang dimaksud adalah:
“Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku.”

Semoga bisa lekas hilang kesedihannya ya Sob.

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *