Fobia yang Aneh dan Unik di Dunia

Bagikan artikel ini...

Sobat Nida, tahu nggak bedanya takut atau ngeri, dengan fobia?

Yap, fobia adalah ketakutan yang berlebihan, saking takutnya… Seseorang yang mengidap fobia tidak akan bisa mengontrol respon diri sendiri terhadap hal yang ditakutinya.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis fobia, dari mulai yang sering kita ketahui, sampai yang paling aneh sekalipun.

1Aichmophobia

Phobia benda tajam atau yang disebut dengan aichmo-phobia merupakan rasa takut ketika melihat benda yang tajam atau runcing, misalnya jarum, paku, pisau, dan benda tajam lainnya.

Benda tajam tersebut serasa menakutkan ketika berada pada posisi digantungkan, atau berada pada posisi tegak atau berdiri atau dalam posisi teracungkan dan berada di dekatnya. Tidak hanya itu, orang yang mengalami phobia ini, juga akan merasa takut ketika menonton film yang bergenre thriller. Hiiy.

2.Caligynephobia

Fobia yang ini aneh banget Sob, pengidapnya merasa takut berlebihan terhadap wanita yang cantik.

Namun rasa takut ini bisa dialami baik oleh wanita maupun pria. Kemungkinan muncul akibat pengalaman buruk dengan wanita cantik.

phobia aneh

3.Ichthyophobia

Rasa takut terhadap ikan, entah dalam kondisi hidup ataupun mati, baik yang ada di laut maupun di atas piring makan. Kemungkinan besar, tampilan ikan dengan matanya yang besar dan badannya yang berlendir itu merupakan pemicu timbulnya fobia aneh ini.

Sementara untuk fobia terhadap ikan hiu, telah ada istilah spesifiknya, yaitu galeophobia. Fobia ikan hiu ini banyak dipicu oleh banyaknya tampilan seputar ikan hiu dan tragedi yang bisa disebabkan ikan ini, yang banyak terdapat di televisi maupun film.

4.Nomophobia

Fobia yang satu ini relatif baru dan berkaitan dengan tren. Nomophobia adalah fobia yang muncul ketika tidak bisa mengakses kontak yang terdapat di ponsel, baik karena ponselnya hilang, habis baterai, atau kehilangan jangkauan sinyal. Aneh, tapi nyata!

5.Claustrophobia

Phobia berada di ruang yang sempit. Phobia ini muncul saat seseorang berada di ruang sempit seperti di dalam lift, toilet pesawat, kamar mandi yang ukurannya kecil, atau tempat sempit lainnya. Saat merasakan ketakutan, mereka cenderung akan gugup, berkeringat, dan kehabisan nafas.

Dianjurkan apabila ada orang yang menderita claustrophobia, maka ia diberikan tempat duduk di dekat jendela atau lebih baik memilih naik eskalator atau memakai tangga.

6.Zoophobia

Ini adalah jenis phobia akan hewan tertentu

Zoophobia adalah rasa takut akan hewan tertentu di mana saat mendengar, atau melihat saja sudah membuat seseorang sangat ketakutan.

Nah, phobia ini memiliki beberapa sebutan tergantung pada jenis hewan yang ditakuti, seperti: arachnophobia – ketakutan pada laba-laba; ophidiophobia – ketakutan pada ular; ornithophobia – ketakutan pada burung; apiphobia – ketakutan pada lebah.

7.Brontophobia: phobia akan halilintar/petir

Nama brontophobia diambil dari bahasa Yunani, bronte yang berarti petir. Mereka yang mengalami phobia ini biasanya menolak keluar saat sedang hujan dan ada petir. Mereka kerap bersembunyi di balik pintu sambil menutup kepala dengan tangan atau bantal.

8.Phobia ketinggian

Mereka yang mengalami phobia ini sangat takut bila berada di ketinggian. Biasanya wajah mereka akan sangat tegang, mengeluarkan keringat dingin, wajah akan menjadi pucat dan bahkan mematung.

9.Heliophobia

Adalah rasa takut terhadap matahari dan sinarnya. Para penderitanya akan memilih untuk selalu berada di dalam ruangan dan menutup semua jendela atau celah-celah yang bisa diterobos oleh sinar matahari.

Tak jarang, para penderita fobia ini sering diberi julukan “vampir” karena takut terhadap sinar matahari langsung.

Nah, gimana Sob? Apakah kamu memiliki salah satu dari jenis fobia di atas?

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *