Jangan Tinggalkan Sholat Dhuha Sahabat, Inilah Pahalanya

Bagikan artikel ini...

Sahabat Ummi, salah satu bentuk kasih sayang Allah ialah melimpahkan pahala berlipat ganda kepada hamba-Nya, sekalipun amalan yang dilakukan terlihat kecil dan sederhana. Ada banyak ibadah di dalam Islam yang terlihat sederhana dan tidak sulit dikerjakan, tetapi Allah memberikan ganjaran besar.

Misalnya, dalam beberapa hadits dijelaskan, ada beberapa amalan yang kalau dilakukan dengan penuh keikhlasan dan konsisten, maka pahala dari amalan tersebut setara dengan ibadah haji. Di antara amalan yang ganjarannya setara dengan ibadah haji dan umrah tersebut salah satunya adalah Shalat Dhuha.

Sebuah hadits menjelaskan bahwa siapa saja yang melaksanakan shalat subuh di masjid dan ia tetap berada di masjid sambil bezikir kemudian menutupnya dengan shalat dhuha, maka ganjarannya akan sama seperti ibadah umrah atau haji.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah s.a.w bersabda, “Barangsiapa Shalat Subuh berjamaah lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian shalat 2 raka’at, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (Hasan: Shahih At-Tirmidzi, no. 480, 586; Shahih At-Targhib wa AT-Tarhib, no. 464; Ash-Shahihah, no. 3403)(Dishahihkan oleh Al-Albani). Dalam hadits lain, dari Abu Umamah dan ‘Utbah bin ‘Abd, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa shalat Subuh dalam sebuah masjid secara berjama’ah lalu tinggal di dalamnya hingga ia Shalat Dhuha, maka ia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang haji dan umrah yang sempurna haji dan umrahnya.” (Hasan li ghairihi: Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 469).

pahala solat dhuha

Seperti yang kita tahu, bahwa ibadah haji dan umrah hanya diperuntukkan bagi orang yang mampu sehingga tak semua umat dapat melaksanakan ibadah ini. Meskipun demikian, kita masih bisa mendapatkan pahala ini jika melakukan ibadah dhuha seperti yang sudah dijelaskan. Kita harus menyisihkan sedikit waktu untuk berada di masjid sambil berzikir mengingat Allah. Setelah tiba waktunya shalat dhuha, maka kita bisa langsung melaksanakan shalat dhuha terlebih dahulu. Bahkan dengan cara ini kita tidak hanya melakukan shalat wajib, tapi juga shalat sunnah beserta zikir kepada Allah.

Lalu, apabila kita tidak bisa berdiam diri terlebih dahulu di masjid, maka kita masih bisa mendapatkan pahala seperti haji dan umrah. Namun, sebisa mungkin kita melaksanakan shalat subuh di masjid. Dan pulang sebentar, lalu setelah masuk waktu shalat dhuha kita kembali lagi ke masjid dan melaksanakan shalat dhuha. Namun, terdapat satu hal yang perlu kita perhatikan, yakni satu-satunya tujuan kita keluar rumah adalah untuk ke masjid shalat dhuha. Amalan ringan yang besar pahalanya dapat kita lakukan dengan kedua cara ini.

Setelah kita mengetahui cara mendapatkan pahala setara dengan ibadah haji dan umrah pun, muncul pertanyaan, bukankah shalat sunnah lebih baik dilaksanakan di rumah? Sebenarnya kita juga dapat melaksanakan shalat dhuha di rumah, tapi untuk mendapatkan imbalan yang istimewa ini kita membutuhkan usaha yang lebih yakni melaksanakan shalat dhuha di masjid. Bukankah hal ini sangat luar biasa, kita bisa mendapatkan pahala umrah meskipun tidak pergi ke tanah suci Mekah untuk melaksanakan ibadah Umrah. Inilah agar shalat dhuha Anda berpahala umrah.

Sebagai seorang muslim, seharusnya kita bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Allah juga sudah menganjurkan kepada umat-Nya untuk berlomba-lomba menuju kebaikan. Allah telah memberikan kita waktu untuk hidup dan kita akan dimintai pertanggungjawaban ketika di akhirat mengenai apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus melaksanakan ibadah wajib dengan baik dan benar, serta melaksanakan ibadah sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW bersama para sahabatnya. Karena setiap amalan terdapat keutamaannya masing-masing sehingga bisa kita kerjakan sebagai bekal di akhirat.

Semoga dengan ulasan artikel ini bermafaat untuk sahabat Ummi semua. (Marthina)

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *