Kebanyakan Penghuni Surga Adalah Orang Miskin, Benarkah?

Bagikan artikel ini...

Sobat Nida, pernah nggak kamu ketemu orang kaya tapi miskin, atau sebaliknya, orang miskin tapi kaya? Meskipun seperti yang kita tahu bahwa di dalam Al-Qur’an Allah tidak pernah menyebutkan adanya orang miskin, yang ada adalah orang yang cukup.

Ada lho orang-orang yang mungkin dari luar terlihat kaya dan berlimpah harta, namun sebenarnya mereka adalah orang-orang yang miskin. Mereka bahkan tidak mampu menolong orang yang membutuhkan dengan harta melimpah yang mereka miliki itu. Tapi ada juga orang yang tidak memiliki harta melimpah namun tidak segan untuk membantu orang lain yang membutuhkan bahkan disaat mereka juga sebenernya sedang kesulitan sekalipun.

Kebanyakan Penghuni Surga Adalah Orang Miskin

Dari penjelasan di atas, kamu udah bisa ngerti maksud atau perbedaan dari keduanya ada di mana nggak?

Yap, sebenernya kekayaan orang nggak bisa diukur dengan seberapa banyaknya kekayaan yang dimilikinya. Kaya dan miskin itu lebih terkait dengan mental. Meskipun sebagian orang mungkin masih melabeli atau melihat orang kaya hanya berdasarkan seberapa banyak harta yang dimilikinya. Kekayaan seseorang tak jarang menempatkannya posisinya di tengah masyarakat. Semakin kaya hartanya, semakin tinggi pula kedudukannya tersebut.

Orang bermental miskin jangankan mengeluarkan hartanya untuk membantu orang lain, untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarga sendiri pun masih berat, takut kekayaannya akan berkurang. Sementara orang bermental kaya tidak akan ragu untuk berbagi serta membantu orang lain, karena baginya dengan berbagi maka hatinya akan terasa lebih lapang dan dipenuhi dengan kebahagiaan yang tak dapat ditukarkan dengan apapun. Orang bermental kaya akan senantiasa optimis dan yakin bahwa dengan berbagi, Allah akan senantiasa menyukupkan rezeki baginya.

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta, akan tetapi kekayaan itu adalah kaya hati. (HR Bukhari No 5965)

Dalam sebuah hadits juga pernah menyebutkan bahwa kebanyakan penghuni surga adalah orang-orang miskin. Bisa jadi ini merupakan salah satu alasan yang dapat menyebabkan mereka masuk surga.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Aku pernah menengok ke surga, ternyata kebanyakan penghuninya adalah orang-orang miskin, dan aku juga menengok ke neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.” (HR Bukhari No 5968)

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang yang bermental kaya ya Sob.

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *