Kurang tidur berkualitas? Waspadai 7 Bahayanya!

Bagikan artikel ini...

Sahabat Ummi, aktivitas seharian yang padat, berangkat pagi ke kantor sampai ke rumah malam hari. Belum lagi masih ada pekerjaan yang belum di selesaikan sampai larut malam, harus begadang hingga dini hari dan kembali lagi bekerja di pagi hari. Sungguh sangat menyita waktu tidur kita. Apa ya bahayanya jika kita kurang tidur? Cekidot…

Hasil penelitian Journey of Psychiartic Research, kurang tidur berkualitas dapat mengakibatkan:

1.Memicu timbulnya Serangan Jantung koroner, hal ini diakibatkan karena peradangan akan sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.

2.Daya tahan tubuh semakin lemah

Semakin menurunnya daya tahan tubuh, maka semakin mudah terserang oleh virus yang dapat menyebabkan flu dan batuk. Meskipun memiliki pola makan yang sehat dan teratur, namun tidak di imbangi dengan tidur yang cukup. Maka daya tahan tubuh tidak akan stabil

3.Konsentrasi menurun

Konsentrasi akan terganggu saat melakukan aktivitas karena tidur yang kurang

4.Resiko terserang penyakit kanker

Tidur kurang dari 6 jam dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker berdasarkan penelitian para ahli di Jepang. Dimana hormon melatonin yangharusnya di produksi oleh tubuh jumlahnya akan berkurang jika tidur juga kurang. Kekurangan hormon melatonin sangat berpengaruh terserang kanker.

Kurang tidur berkualitas? Waspadai 7 Bahayanya!

5.Resiko penyakit diabetes

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kurang tidur dan juga resistansi insulin yang merupakan faktor resiko diabetes. Dari penelitian tesebut, ditemukan bahwa beberapa orang yang kurang tidur akan memiliki resistansi insulin yang cukup tinggi dan tubuh tidak akan mampu untuk menggunakan hormon insulin dengan baik yang akhirnya resiko diabetes pun akan meningkat.

6.Resiko terserang Stroke

Hasil penelitian menunjukkan, orang dewasa yang tidurnya kurang dari enam jam sehari maka beresiko terserang stroke empat kali lebih tinggi.

7.Memicu kegemukan

Kurang tidur berakibat padagangguan tingkat gula darah serta produksi leptin. Leptin merupakan hormon yang bisa menekan nafsu makan. Jika kurang tidur maka produksi leptin akan berkurang. Sehingga, hal tersebut dapat memicu kegemukan serta diabetes.

Sahabat Ummi, sudah tahu apa saja bahayanya dari kurang tidur yang berkualitas. Sehingga kita perlu memanajemen waktu dengan baik dan menunaikan hak tubuh kita untuk beristirahat. Semoga bermanfaat.

Referensi: dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *