Sahabat, Inilah 5 Persiapan Menjelang Ramadhan yang Harus Kita Lakukan

Bagikan artikel ini...

Sahabat Ummi, tidak terasa bahwa sebentar lagi Kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.Sudah sepatutnya umat Islam berbahagia dan bergembira dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Namun, di tengah-tengah kegembiraan, kita juga perlu melakukan sejumlah persiapan sebelum benar-benar memasuki bulan suci Ramadhan. Apa saja persiapan yang penting dilakukan?

Pertama, Persiapkan Niat. Bukan sekedar berdoa ‘saya berniat untuk puasa Ramadhan’. Namun juga niat apa saja yang akan dilakukan saat bulan Puasa telah datang. Seperti berniat untuk mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 3 kali selama bulan puasa berlangsung, atau ingin bersedekah ke panti Asuhan, dan lainnya.

Kedua, Persiapkan Kesehatan Fisik. fisik yang sehat diperlukan untuk kita menjalankan puasa di bulan suci nanti. Perubahan ini pasti membuat fisik kita kaget. Maka mulailah untuk mempersiapkan fisik dengan mengurangi makan anda sedikit-demi sedikit ya. Bisa dengan melakukan puasa Sunah, atau sekalian bagi yang belum mengganti hutang puasa lalu, bisa juga diganti di saat-saat seperti ini.

persiapan ramadhan

Ketiga, Persiapkan Kesehatan Psikis. Jika fisik sudah sehat maka persiapkan juga psikis Kita, sebab dalam bulan suci Ramadhan, fisik dan psikis akan sama-sama diuji, fisik diuji dengan lapar dan haus, sedangkan psikis akan diuji dengan emosi marah, sakit hati, iri, nafsu. Maka dari itu agar tidak terlalu berat, mulai sekarang latih psikis kita agar bisa dikontrol.

Keempat, Mengulang Kajian tentang Puasa. sebelum memasuki puasa seperti mempelajari syarat-syarat diterimanya puasa, hal-hal yang mem-batalkannya, hukum berpuasa di hari syak (meragukan), perbuatan-perbuatan yang dibolehkan dan dilarang bagi yang berpuasa, adab-adab dan sunnah-sunnah berpuasa, hukum-hukum shalat tarawih, hukum-hukum yang berkaitan dengan orang yang memiliki udzur seperti mengadakan perjalanan, sakit, hukum-hukum yang berkaitan dengan zakat fitri dan lain-lain.

Kelima, Mulai Atur Kembali Keuangan. Salah satu ibadah utama dalam bulan Ramadhan ialah bersedekah, dimana pahala dari sedekah ini akan diganti dengan berlipat ganda bahkan bisa sampai 700 kali lipat. Suatu kesempatan yang hanya ada di bulan Ramadhan saja, maka agar dapat mengoptimalkan sedekah kita nanti, tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan berapa banyak uang yang akan kita keluarkan untuk sedekah di bulan Ramadhan nanti.

Yuk, Sahabat Ummi, Kita mulai persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan penuh rasa sukacita.

Bagikan artikel ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *